Kamis, 15 November 2018

Apa itu Big Data

Sebagai pengantar tentang apa itu Big Data yang sudah sangat sering kita dengar, seperti yang saya kutip dari wikipedia disebut juga Mahadata, lebih dikenal dengan istilah bahasa Inggris big data, adalah istilah umum untuk segala himpunan data (data set) dalam jumlah yang sangat besar, rumit dan tak terstruktur sehingga menjadikannya sukar ditangani apabila hanya menggunakan perkakas manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data tradisional belaka.

Awalnya Big data merupakan sebuah sistem teknologi yang diperkenalkan untuk menanggulangi ledakan data yang begitu besar terutama pada era internet saat ini. Dengan semakin bertumbuhnya ekosistem pengguna perangkat mobile tentunya sangat mempengaruhi perkembangan volume dan jenis data yang terus meningkat secara signifikan di dunia maya.

Dalam banyak sumber yang saat ini menjadi referensi para akademisi dan peneliti dunia, Big Data didefinisikan kedalam tiga istilah yaitu volume, variety, dan velocity. Dengan beberapa definisi tersebut maka dapat diasumsikan Big Data adalah sebuah media penyimpanan data yang menawarkan ruang tak terbatas, serta kemampuan untuk mengakomodasi dan memproses berbagai jenis data dengan sangat cepat.

Sampai disini dulu ngehh..next time kita lanjutkan lagi.
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: