Minggu, 18 November 2018

Apa itu Apache Hbase


Apache Hbase adalah basis data yang berorientasi pada kolom sistem manajemen yang berjalan di atas HDFS (Hadoop Distributed File System) sehingga sangat baik dalam mengelola data dalam jumlah yang besar. Kebanyakan data set yang digunakan pada jumlah yang besar tidak mempunyai database relasional, berbeda sekali dengan SQL yang mampu membuat bahasa query secara terstuktur.

Sistem HBase terdiri dari seperangkat tabel. Setiap tabel berisi baris dan kolom, mirip dengan basis data tradisional. Setiap tabel harus memiliki elemen yang didefinisikan sebagai Kunci Primer, dan semua upaya akses ke tabel HBase harus menggunakan Kunci Primer ini. 

Sama seperti HDFS memiliki node NameNode dan slave, dan MapReduce memiliki budak JobTracker dan TaskTracker, HBase dibangun berdasarkan konsep yang sama. Di HBase, node master mengelola server cluster dan wilayah menyimpan bagian dari tabel dan melakukan pekerjaan pada data. Dengan cara yang sama HDFS memiliki beberapa kekhawatiran perusahaan karena ketersediaan NameNode (di antara area lain yang dapat "mengeras" untuk penyebaran perusahaan yang sebenarnya oleh IBM BigInsights), HBase juga sensitif terhadap hilangnya node masternya.

banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: